Jelajah
IMG-LOGO

Pembangunan Drainase di objek Wisata Gardu Pandang dan Curug Delimas

Create By 08 February 2020 7 Views

Girimulyo, Sabtu (08/02/20) -  Pengembangan  Desa Wisata tidak serta merta dapat dilakukan secara cepat dan instan. Instan  yaitu dimana sebuah desa hanya membuat sebuah objek wisata atau menyelenggarakan suatu event wisata di desa tanpa melibatkan masyarakat ataupun komunitas yang berperan sebagai pelaku penting di dalam penyelanggaran dan pengembangan Desa Wisata.  

Masyarakat atau komunitas sebagi pelaku utama berupaya meningkatkan potensi atau daya tarik wisata yang ada di wilayahnya, serta menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang berkunjung. Konsep pengambangan desa wisata mengacu pada keberadaan unsur 3A dalam pariwisata dan keterlibatan masyarakat. Unsur 3A meliputi: Atraksi sebagai daya tarik utama desa wisata; Aksebilitas merupakan beragam hal yang berkaitan dengan akses berkunjung ke desa wisata ; Amelitas sebagai fasilitas pendukung yang dimiliki oleh desa wisata.

Sebagai unsur Amelitas, masyarakat penyelenggara desa wisata dengan objek wisata Gardu Pandang dan Curug Delimas  terus melakukan pengembangan dan pengembangan fasilitas pendukung. Gardu Pandang dan Curug Delimas ini terletak pada ketinggian sekitar 1200 Mdpl yang berlokasi di Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.

Unsur Amelitas yang dikembangkan masyarakat Desa Girimulyo sebagai wujud pengembangan Desa Wisata adalah pembangunan drainase. Pembangunan drainasi ini dilakukan sepanjang jalan objek wisata dimulai dari Gardu Pandang Delimas hingga akses menuju rumah pohon. Hal ini bertujuan untuk pengolahan aliran air khususnya pada musim hujan seperti saat ini.

Pembangunan drainase dilakukan oleh masyarakat Desa Girimulyo yang pelaksanaannya dimulai pada hari ini, Sabtu (08/02/20). Pendanaan pembangunan drainase ini sebesar Rp. 50.000.000,- yang bersumber dari BanKeu Penetapan Kabupaten Magelang tahun 2019. Dengan adanya drainase ini diharapkan dapat dijadikan sebagai fasilitas penunjang yang menciptakan rasa keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung objek wisata Gardu pandang dan Curug Delimas. (Anisah)